You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Karangtengahprandon
Desa Karangtengahprandon

Kec. Ngawi, Kab. Ngawi, Provinsi Jawa Timur

“Terwujudnya Pemerintahan yang Jujur dan Adil serta Bertanggungjawab dalam Upaya Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat”

Peduli Pendidikan Anak Balita dengan Taman Posyandu

Zellyn 17 Maret 2023 Dibaca 723 Kali
Peduli Pendidikan Anak Balita dengan Taman Posyandu

karangtengahprandon.desa.id - Taman posyadu adalah salah  satu kegiatan tambahan layanan dalam Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) dan Bina Kelurga Balita (BKB). Dalam hal ini, Taman Posyandu  merupakan bentuk pengembangan dari fungsi kegiatan posyandu yang selama ini terfokus dalam memantau kesehatan balita. Posyandu dapat menjadi Taman Posyandu  apabila sudah menjadi Posyandu Purnama Mandiri

Pada bulan Januari Desa Karangtengah Prandon memulai kegiatan Taman Posyandu. Dalam hal ini, yang menjadi pelaksana dalam kegiatan Taman Posyandu adalah kader posyandu itu sendiri. Taman Psyandu di Desa Karangtengah Prandon terbagi dalam lima kelompok taman posyandu. Kegiatan Taman Posyandu ini sendiri dilaksanakan  dua kali dalam satu bulan.

Hal ini tentu disambut baik oleh orangtua balita telihat dari banyaknya balita yang ikut tergabung dalam kegiatan Taman Posyandu. Kader posyandu mengajak anak melatih motorik, sensorik dan kognitif dengan belajar mewarnai, bernyanyi, dan menari. 

"Para balita cukup interaktif dalam melaksanakan apa yang kita ajarkan dan juga dengan adanya taman posyandu menjadi ajang untuk melatih emosi anak dengan melihat perkembangan anak  saat bermain dengan teman sebayanya", ujar Luluk yang merupakan salah satu kader taman posyandu.

Taman Posyandu dilaksanakan dengan tujuan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak usia emas (golden age) dari 0 – 5 tahun, agar menjadi generasi yang berkualitas. Selain berfokus pada tumbuh kembang anak, taman posyandu memberikan pengetahuan pada orangtua tentang perkembangan pertumbuhan anak balitanya mulai dari tumbuh kembang motorik dan sensorik pada anak, kognitif hingga emosi anak. Sehingga dengan adanya kegiatan Taman Posyandu, balita mendapatkan perhatian dari segala aspek mulai dari pendidikan, kemudian kesehatan dengan adanya kegiatan posyandu yang dilaksanakan setiap bulan dan juga pendidikan pengasuhan pada balita (parenting) dalam kegiatan BKB.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image