“Terwujudnya Pemerintahan yang Jujur dan Adil serta Bertanggungjawab dalam Upaya Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat”

Artikel

Wujudkan Pertanian Ramah Lingkungan Keberlanjutan bersama Kelompok Tani Desa Karangtengah Prandon

09 Agustus 2024 21:20:11  Zellyn  127 Kali Dibaca  BERITA DESA

karangtengahprandon.desa.id - Pada Kamis (08/08/2024) dan Jumat (09/08/2024), Pemerintah Desa Karangtengah Prandon  memberikan fasilitas kepada Kelompok Tani dalam memperluas pengetahuan Pertanian Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PRLB). Kegiatan PRLB dibagi menjadi 2 kali pertemuan dikarenakan cakupan wilayan Desa Karangtengah Prandon yang cukup luas sehingga setiap pertemuan dihadiri oleh empat  dusun. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Karangtengah Prandon, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Perangkat Desa, PPL, Kelompok Tani Desa Karangtengah Prandon. 

Wilayah Dusun yang hadir pada hari Kamis (08/08/2024) adalah dusun dari wilayah Timur yaitu Dusun Cabean, Dusun Prandon, Dusun Karangtengah, dan Dusun Sadang yang bertempat di Rumah Bapak Darno, Dusun Cabean. Sedangkan pada hari ini (09/08/2024)  bertempat di Kantor Desa Karangtengah Prandon dihadiri oleh kelopok tani dari dusun di wilayah barat yaitu Dusun Joho, Dusun Ngudal, Dusun Ngandong dan Dusun Gandu.

Pertanian Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PRLB) menjadi salah satu progam dari Pemerintah Kabupaten Ngawi dalam mengelola seluruh sumber daya pertanian dan input usaha tani secara bijak, berbasis inovasi teknologi untuk mencapai peningkatan produktivitas berkelanjutan, menguntungkan secara ekonomi dan berisiko rendah atau tidak merusak fungsi lingkungan. 

Kegiatan PRLB hari ini adalah praktik untuk pembuatan Pupuk Organik Padat (POD), Pupuk Organik Cair (POC), dan Mikroorganisme Lokal (MOL) dengan menggunakan bahan baku yang tersedia di lingkungan Desa Karangtengah Prandon. Tak hanya itu, PPL juga memberikan pengetahuan untuk membuat pembibitan padi tray, yang saat ini tengah populer.

“Menjadi salah satu desa yang memiliki potensi dalam memproduksi pupuk organik sendiri, karena bahan dasar yang melimpah mulai dari kotoran hewan ternak yang sangat mudah didapatkan oleh masyarakat di Desa Karangtengah Prandon serta air cucian kedelai, sehingga dapat menekan biaya operasional dalam bertani dan meningkatkan kualitas lahan", ujar Kepala Desa Karangtengah Prandon dalam sambutannya.

Di akhir pertemuan, para petani Desa Karangtengah Prandon diharapkan dapat memanfaatkan limbah di lingkungan sekitar secara maksimal untuk diolah menjadi pupuk organik mengingat melimpahnya bahan dasar. Sehingga dapat menekan biaya operasional bertani dibanding dengan mahalnya obat kimia yang sering digunakan serta kualitas tanah akan terus terjaga dan tetap menjadi lahan yang baik untuk bertani.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Arsip Artikel

 Agenda

 Sinergi Program

DataTerpadu Kesejahteran Sosial Situs Berita Pemerintah Kabupaten Ngawi
JDIH Opensid
kemendes layanan aspirasi dan pengaduan online

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Garuda No. 05 Karangtengah Prandon
Desa : Karangtengahprandon
Kecamatan : Ngawi
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63251
Telepon :
Email : karangtengahprandon@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:74
    Kemarin:317
    Total Pengunjung:91.199
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.227.114.70
    Browser:Mozilla 5.0